JUMAT BLARRR: MENELISIK BUDAYA BERKENDARA YANG UNIK DI BERBAGAI PENJURU DUNIA

Nonton bareng film-film dokumenter tentang perkembangan motor dari berbagai belahan dunia ternyata menjadi salah satu hal yang seru bagi komunitas motor saat berkumpul. Selain menambah referensi gaya bermotor dan menambah wawasan budaya motor itu sendiri, orang yang mempunyai kecenderungan terhadap hal ini akan lebih menjiwai ketika mengetahui asal usul hal yang disenangi nya. Kegiatan ini dilakukan oleh penggiat motor dari Bandung bernama Jumat Blarrr.

(source: Jumat Blarrr)

Lewat kegiatan Nobar (Nonton Bareng Jumat Blarrr), mereka mencoba sharing pengetahuan tentang budaya motor melalui film-film yang mereka suguhkan sebagai referensi. Kegiatan ini digagas karena awal terbentuknya Jumat Blarrr pada tahun 2013, perjuangan untuk mendapatkan informasi seputar sejarah motor dari berbagai negara sangat lah susah. Maka dari itu, Jumat Blarrr mencoba memberikan kemudahan untuk orang yang mempunyai minat yang sama.

(source: Jumat Blarrr)

Berangkat dari ketertarikan mereka terhadap fotografi serta videografi dan menjadikan motor sebagai objeknya, Jumat Blarrr mempunyai orang-orang dengan minat pada jenis motor yang beragam. Mulai dari CC kecil hingga besar, motor adventure hingga custom, serta motor lokal hingga mancanegara. Dengan keberagaman inilah membuat mereka melebarkan sayap nya untuk menelisik kebudayaan bermotor dari berbagai penjuru dunia. Setiap motor tentunya mempunyai ciri khas dan culture yang berbeda berdasarkan dari mana asal motor itu lahir. 


“Setiap motor punya keunikan nya sendiri, kaya chopper kan itu budaya nya Amerika karena disana jalan nya lurus dan panjang terus beda lagi sama di Inggris atau Italia. Kalau di Italia banyak nya pake motor scooter karena jalan nya pendek-pendek dan kecil-kecil” Ujar Rezki salah satu founder Jumat Blarrr yang juga menyukai sejarah motor.

(source: Jumat Blarrr)

Meskipun sangat kental dengan sejarah, tapi Jumat Blarrr masih mengikuti perkembangan motor sampai saat ini. Mereka mencoba mengadaptasikan hal yang mempunyai nilai sejarah dengan sesuatu yang baru di masa kini. Seperti hal nya jenis motor chopper yang dikombinasikan dengan teknologi mesin terbaru masa kini. Namun, tetap, sisi budaya dan ciri khas dari chopper seperti posisi stang yang tinggi dan bodi motor yang cenderung ramping ini tidak dihilangkan.

(source: Jumat Blarrr)

Sama hal nya dengan penggiat motor lainnya, Jumar Blarrr juga sering melakukan perjalanan dengan motor kesayangan mereka. Perjalanan terdekat mereka mengelilingi kota setiap hari Jumat untuk mengunjungi tempat menarik. Selain itu, harapan mereka saat ini untuk terus melakukan perjalanan ke berbagai daerah seperti keliling Asia bahkan Dunia untuk mengulik sejarah motor.

Leave a comment

All comments are moderated before being published